Profil

Tentang Puskesmas Belakang Padang

Visi
Visi UPT Puskesmas Belakang Padang adalah: ”Mewujudkan Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas Menuju Masyarakat Sehat, Mandiri dan Sejahtera

Misi
Dalam rangka mewujudkan Visi UPT UPT Puskesmas Belakang Padang, maka penjabarannya melalui beberapa misi sebagai berikut :

  1. Mendorong kemandirian masyarakat Kecamatan Belakang Padang dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga dan lingkungan;
  2. Menggerakkan pembangunan di wilayah Kecamatan Belakang Padang berwawasan kesehatan;
  3. Mewujudkan pelayanan kesehatan yang prima, adil, terjangkau dan bermutu.

Motto
Adapun motto UPT Puskesmas Belakang Padang yaitu :

”SEHAT BERSAMA UPT PUSKESMAS BELAKANG PADANG”

    Tata Nilai
    Tata nilai UPT Puskesmas Belakang Padang adalah ”SEHATI”, yang berarti :

    • S : Santun. Yaitu bertutur kata dan tingkah laku
    • E : Empati. Yaitu melayani dengan hati
    • H : Handal. Yaitu memberikan pelayanan terbaik oleh tenaga profesional
    • A : Akuntabel. Yaitu dapat dipertanggungjawabkan
    • T : Teladan. Yaitu menjadi panutan dan tauladan bagi masyarakat dalam berperilaku sehat
    • I : integritas. Yaitu konsisten dan ketangguhan dalam melaksanakan tugas

      Budaya Kerja
      Budaya kerja UPT Puskesmas Belakang Padang yaitu “5 R”, yang penjabarannya adalah sebagai berikut :

      1. Ringkas = Pilah dan pisahkan barang yang tidak perlu
      2. Rapi = Lakukan Penataan di tempat kerja
      3. Resik = Jaga kebersihan di tempat keerja
      4. Rawat = Pelihara kondisi ringkas, rapi, resik di tempat kerja
      5. Rajin = Biasakan ringkas, rapi, resik di tempat kerja

      Janji Pelayanan
      ” Kami siap memberi pelayanan bermutu merata menuju masyarakat sehat dan mandiri”.

      Tujuan
      Sebagai penjabaran dari Visi UPT UPT Puskesmas Belakang Padang, maka tujuan yang akan dicapai adalah terselenggaranya Pembangunan Kesehatan secara berhasil-guna dan berdayaguna dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat yang optimal dengan cara :

      1. Memberdayakan masyarakat agar mampu menumbuhkan perilaku hidup bersih sehat dan lingkungan sehat ;
      2. Meningkatkan kinerja dan mutu upaya kesehatan ;
      3. Perbaikan gizi masyarakat ;
      4. Meningkatan Sumber Daya Kesehatan baik dari segi kuantitas maupun kualitas ;
      5. Tersedianya sarana, prasaran dan obat sesuai kebutuhan ;
      6. Manajemen kesehatan yang dinamis dan akuntabel.

      Strategi

      1. Meningkatkan pemberdayaan masyarakat dan swasta dalam pembangunan kesehatan melalui kerja sama lintas program dan lintas sektoral
      2. Meningkatkan pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau, bermutu dan berkeadilan, serta berbasis bukti, menyeluruh dengan pengutamaan pada upaya promotif dan preventif.
      3. Meningkatkan cakupan pembangunan kesehatan, melalui pendanaan yang ada di puskesmas dan masyarakat.
      4. Meningkatkan pengembangan dan pendayagunaan SDM kesehatan yang merata dan bermutu.
      5. Meningkatkan ketersediaan, pemerataan, dan keterjangkauan obat dan alat kesehatan serta menjamin keamanan, khasiat, kemanfaatan, dan mutu sediaan farmasi, alat kesehatan, dan makanan.
      6. Meningkatkan manajemen kesehatan yang akuntabel, transparan berdayaguna dan berhasilguna untuk memantapkan pelayanan kesehatan yang bertanggung jawab.